Minggu, Mei 08, 2011

MASJID KUDUS DAN MENARA KUDUS

Masjid Kudus dibangun oleh Sunan Kalijaga pada abad ke 16 yang merupakan salah satu dari Walisanga, penyebar agama Islam yang terkenal di Pulau Jawa. Seperti halnya bangunan peninggalan masa lampau lainnya, bangunan masjid yang agung tersebut tampil dengan pesona arsitektur yang indah. Masjid menara Kudus dibangun dengan menggunakan batu dari Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertama dan terletak di desa Kauman, kecamatan Kota, kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Masjid Kudus sering disebut juga sebagai mesjid Al Aqsa dan Mesjid Al Manar, masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549. Salah satu keunikan Mesjid ini ialah menaranya yang menyerupai bangunan candi, dari sini dapat disimpulkan bahwa arsitektur bangunan Masjid Kudus dan menara Kudus merupakan percampuran antara budaya Islam dengan budaya Hindu - Jawa. Menara Kudus itu sendiri dibangun oleh Syeh Ja’far Shodiq yang merupakan Sunan Kudus dan salah seorang dari Wali Songo pada tahun 1685 M.

Mesjid menara Kudus ramai dikunjungi oleh wisatawan khususnya pada saat dilaksanakan upacara “Buka Luwur” yang merupakan upacara Penggantian kain penutup makam Sunan Kudus yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharram/Syuro dan saat “Dhandhangan”, yaitu tradisi menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | JCpenney Printable Coupons